Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Definisi Crowdfunding

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah penggunaan sejumlah kecil modal dari sejumlah besar individu untuk membiayai usaha bisnis baru. Cr...



Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah penggunaan sejumlah kecil modal dari sejumlah besar individu untuk membiayai usaha bisnis baru. Crowdfunding memanfaatkan aksesibilitas yang mudah dari jaringan luas orang melalui media sosial dan situs crowdfunding untuk membawa investor dan pengusaha bersama-sama, dengan potensi untuk meningkatkan kewirausahaan dengan memperluas kolam investor di luar lingkaran tradisional pemilik, kerabat, dan pemodal ventura. Takeaways UtamaPembatasan berlaku untuk siapa yang diizinkan untuk mendanai bisnis baru dan berapa banyak mereka diizinkan untuk berkontribusi. Crowdfunding memungkinkan investor untuk memilih dari ratusan proyek dan berinvestasi sesedikit $ 10.Situs crowdfunding menghasilkan pendapatan dari persentase dana yang dikumpulkan.

SEC mengatur usaha crowdfunding berbasis ekuitas di Amerika Serikat.Kickstarter, Indiegogo, dan GoFundMe adalah salah satu platform crowdfunding paling populer. Cara Kerja CrowdfundingDi sebagian besar yurisdiksi, pembatasan berlaku untuk siapa yang dapat mendanai bisnis baru dan seberapa banyak mereka diizinkan untuk berkontribusi. Mirip dengan pembatasan investasi hedge fund, peraturan ini seharusnya melindungi investor yang tidak canggih atau tidak kaya dari menempatkan terlalu banyak tabungan mereka dalam risiko. Karena begitu banyak bisnis baru gagal, investor mereka menghadapi risiko tinggi kehilangan prinsipal mereka.Crowdfunding telah menciptakan peluang bagi pengusaha untuk mengumpulkan ratusan ribu atau jutaan dolar dari siapa pun yang memiliki uang untuk berinvestasi. 

Crowdfunding menyediakan forum kepada siapa saja dengan ide untuk memasangnya di depan investor yang menunggu.Salah satu proyek yang lebih lucu untuk menerima dana adalah dari seorang individu yang ingin membuat resep salad kentang baru. Tujuan penggalangan dananya adalah $ 10, tetapi ia mengumpulkan lebih dari $ 55.000 dari 6.911 pendukung. Investor dapat memilih dari ratusan proyek dan berinvestasi sesedikit $ 10. Situs crowdfunding menghasilkan pendapatan dari persentase dana yang dikumpulkan. Jenis CrowdfundingDua penggunaan istilah yang paling tradisional mencerminkan jenis crowdfunding yang dilakukan oleh perusahaan pemula yang ingin membawa produk atau layanan ke dunia dan oleh individu yang mengalami beberapa jenis keadaan darurat. Banyak orang yang terkena dampak bencana alam, biaya medis yang besar dan kuat, atau peristiwa tragis lainnya seperti kebakaran rumah telah menerima sejumlah bantuan keuangan yang tidak akan mereka akses berkat platform crowdfunding.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa platform crowdfunding seperti Patreon dan Substack telah memperluas jangkauan crowdfunding untuk menawarkan cara bagi orang-orang kreatif — seniman, penulis, musisi, atau podcaster — untuk mempertahankan karya kreatif mereka dengan menerima sumber pendapatan yang stabil. Situs Web Crowdfunding PopulerSitus web crowdfunding seperti Kickstarter, Indiegogo, dan GoFundMe menarik ratusan ribu orang yang berharap untuk membuat, atau mendukung, hal besar berikutnya. GoFundMePada 2021, GoFundMe adalah platform crowdfunding terbesar. Sejak GoFundMe didirikan pada tahun 2010, situs ini telah mengumpulkan lebih dari $ 10 miliar melalui lebih dari 150 juta sumbangan. GoFundMe adalah situs yang paling populer bagi individu yang ingin pulih dari biaya medis atau bencana seperti kebakaran rumah, bencana alam, atau biaya darurat yang tidak terduga. 

Perusahaan start-up cenderung menggunakan Kickstarter.KickstarterKickstarter adalah pilihan populer lainnya. Pada 2021, sejak didirikan pada tahun 2009, Kickstarter telah berhasil mendanai hampir 200.000 proyek, dengan lebih dari $ 5,7 miliar dijanjikan di semua proyek Kickstarter.Kickstarter adalah situs crowdfunding paling populer untuk calon bisnis yang berharap dapat meningkatkan modal dan menjangkau khalayak yang lebih besar. Bahkan, tidak seperti GoFundMe, Kickstarter hanya dapat digunakan untuk membuat proyek yang dapat dibagikan dengan orang lain.Selain itu, Kickstarter tidak dapat digunakan untuk mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke badan amal atau penyebab, proyek tidak dapat menawarkan insentif seperti ekuitas, pembagian pendapatan, atau peluang investasi, juga tidak dapat melibatkan daftar situs barang terlarang seperti "barang apa pun yang mengklaim untuk mendiagnosis, menyembuhkan, mengobati, atau mencegah penyakit atau kondisi, "penggalangan dana politik, obat-obatan atau alkohol,atau kontes, kupon, perjudian, dan undian apa pun. IndiegogoIndiegogo dimulai sebagai situs crowdfunding awalnya berfokus secara eksklusif pada mengumpulkan uang untuk film independen tetapi mulai menerima proyek dari kategori apa pun setahun setelah diluncurkan pada tahun 2007.

Indiegogo dipandang sebagai platform yang kurang ketat dan lebih fleksibel daripada Kickstarter, karena memberikan kontrol pendukung atas apakah mereka menginginkan model tetap atau fleksibel — ini mungkin perbedaan paling signifikan antara dua platform crowdfunding. Kickstarter melepaskan dana hanya setelah kampanye telah mencapai tujuan pendanaannya, sedangkan Indiegogo memungkinkan juru kampanye untuk menerima dana pro-rata, atau menunggu sampai target mereka tercapai.Sebagai juru kampanye, mungkin lebih mudah dan kurang berisiko untuk pergi dengan dana fleksibel (yaitu, menerima dana saat mereka datang); namun, terlepas dari jumlah yang dikumpulkan, para juru kampanye harus tetap memenuhi janji apa pun yang dibuat. Untuk Croudfunding pendukung, pendanaan tetap lebih menarik karena dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih sedikit.

Biaya platform crowdfunding berkisar dari 5% hingga 12%. Carilah struktur biaya hukuman sebelum memilih platform crowdfunding. Kelebihan dan Kekurangan CrowdfundingKeuntungan yang paling jelas dari crowdfunding untuk perusahaan start-up atau individu adalah kemampuannya untuk menyediakan akses ke kelompok investor / pendukung yang lebih besar dan lebih beragam. Dengan keberadaan media sosial, platform crowdfunding adalah cara yang luar biasa bagi bisnis dan individu untuk menumbuhkan audiens mereka dan menerima dana yang mereka butuhkan.Selain itu, banyak proyek crowdfunding berbasis hadiah; Investor dapat berpartisipasi dalam peluncuran produk baru atau menerima hadiah untuk investasi mereka. 

Misalnya, pembuat sabun baru yang terbuat dari lemak bacon dapat mengirim bar gratis ke masing-masing investornya. Video game adalah investasi crowdfunding yang populer bagi para gamer, yang sering menerima salinan awal permainan sebagai hadiah.Crowdfunding berbasis ekuitas semakin populer karena memungkinkan perusahaan startup untuk mengumpulkan uang tanpa menyerahkan kendali kepada investor modal ventura. Dalam beberapa kasus, ia juga menawarkan investor kesempatan untuk mendapatkan posisi ekuitas dalam usaha tersebut. Di Amerika Serikat, Securities and Exchange Commission (SEC) mengatur crowdfunding berbasis ekuitas.Potensi kerugian crowdfunding termasuk kemungkinan kerusakan pada Anda atau reputasi perusahaan Anda yang disebabkan oleh "beralih" ke crowdfunding, biaya yang terkait dengan situs crowdfunding, dan, setidaknya pada beberapa platform, jika Anda tidak mencapai tujuan pendanaan Anda, setiap keuangan yang telah dijanjikan akan dikembalikan kepada investor Anda dan Anda tidak akan menerima apa pun.

Akses ke pendanaan yang mungkin tidak Anda dapatkan dari sumber tradisional

Cara yang bagus untuk berinteraksi dengan konsumen potensial

Kemampuan untuk mengukur opini publik tentang produk Anda

Harus mengikuti aturan / biaya platform crowdfunding

Dalam beberapa kasus, jika Anda tidak mencapai tujuan pendanaan Anda, setiap keuangan yang telah dijanjikan akan dikembalikan kepada investor Anda.

ADS