Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Memahami apa itu crowdfunding

Bagaimana cara kerja crowdfunding? Pengusaha yang bertanggung jawab atas platform penggalangan dana online untuk proyek menjelaskan! Untuk ...


Bagaimana cara kerja crowdfunding? Pengusaha yang bertanggung jawab atas platform penggalangan dana online untuk proyek menjelaskan!

Untuk mengambil ide dari koran dan mengubah rencana menjadi kenyataan, Anda harus bergantung pada sumber daya keuangan - apakah Anda memiliki, mitra atau lembaga keuangan. Platform kolaboratif menumbangkan kenyataan ini dengan menciptakan jenis pendanaan baru yang dipertaruhkan dan dibayar oleh para pemangku kepentingan untuk melihat proposal tersebut membuahkan hasil: crowdfunding atau crowdfunding.

Lihat wawancara dengan Dorly Neto dan Diego Reeberg, dua orang Brasil yang bertanggung jawab atas platform yang telah membantu sejumlah proyek untuk keluar dari kertas untuk jenis pendanaan ini.

Neto mempelajari Hubungan Masyarakat di The Hélio Alonso Integrated Colleges (Facha), di Rio de Janeiro, dan mengkhususkan diri dalam Jejaring Sosial dan Inovasi Digital di ESPM-SP. Dia telah bekerja dengan inovasi produk web di SRZD dan Lancenet! dan saat ini didedikasikan untuk Benfeitoria.com.br, platform keterlibatan kolektif untuk proyek transformatif.

Reeberg adalah seorang pengusaha yang bersemangat tentang teknologi, pendidikan dan mendiskusikan bagaimana hidup dengan baik. Dia adalah salah satu pendiri Catarse.me, platform Brasil pertama yang mendanai proyek-proyek kreatif secara kolaboratif, dan salah satu editor blog crowdfundingbr, yang didirikan untuk mempromosikan dan mendidik orang tentang jenis pembiayaan ini. Dia adalah lulusan administrasi bisnis dari fundação Getúlio Vargas de São Paulo.

WawancaraBagaimana Anda mendefinisikan crowdfunding? Apa perbedaan antara jenis crowdfunding dan kucing tradisional ini?

Dorly Neto – Crowdfunding mengikuti dinamika kucing, dengan asumsi bahwa orang berkolaborasi dan, bersama-sama, melakukan apa yang tidak dapat mereka lakukan sendiri sebelumnya. Perbedaannya adalah bahwa, sekarang, modalitas ini ditingkatkan oleh Internet. Tidak ada yang ajaib tentang proses ini, itu hanya bentuk yang kuat dari prestasi dan keterlibatan orang.

Diego Reeberg – Akan dimulai dengan definisi yang lebih luas, dalam arti yang paling harfiah dan komprehensif: crowdfunding adalah pembiayaan inisiatif dari kolaborasi kelompok (mungkin kecil atau sangat besar) dari orang-orang yang menginvestasikan sumber daya keuangan di dalamnya. Jika Anda mengambil definisi itu, kucing itu juga cocok.

Istilah crowdfunding baru-baru ini dibuat pada tahun 2006, dan meskipun dapat mewakili konsep yang lebih luas ini, itu jauh lebih banyak digunakan ketika kita berbicara tentang proyek / perusahaan yang didanai secara kolektif (beberapa orang berkontribusi) melalui platform online.

Mungkin perbedaannya adalah bahwa kucing bertujuan untuk mengumpulkan uang untuk tujuan, realisasi seseorang atau kelompok yang berkontribusi pada kucing, dan tujuan ini biasanya terkait dengan konsumsi (beli hadiah untuk teman, kulkas untuk kantor dan sebagainya).

Sebuah proyek crowdfunding memiliki tujuan yang melampaui konsep kitty: untuk menciptakan sebuah karya seni, untuk memulai sebuah perusahaan. Pengembalian bukan untuk kelompok tertentu, tetapi untuk masyarakat. Apa yang memotivasi munculnya crowdfunding? Apa peluang untuk jenis pendanaan ini?

Dorly Neto – Beberapa masalah struktural masyarakat memotivasi lahirnya pasar baru, terutama yang mendukung kerja sama antar masyarakat. Kita mulai menyadari bahwa tidak perlu lagi memiliki produk, tetapi untuk mencari manfaatnya. Kita tidak perlu latihan, kita perlu lubang. Dalam skenario baru ini, crowdfunding muncul sebagai alternatif produksi dan konsumsi yang lebih kolaboratif, partisipatif dan kuat.

Diego Reeberg – Gerakan crowdfunding saat ini memiliki dua alasan utama bagi saya. Bentuk-bentuk pembiayaan tradisional tidak menyadari untuk memasukkan semua jenis proyek yang membutuhkan uang, baik karena proyek ini dapat membutuhkan sedikit sumber daya - dan pendanaan publik tidak memperhitungkan hal ini - baik karena pengusaha / seniman menginginkan lebih banyak kemandirian daripada bentuk penggalangan dana tradisional yang dapat ditawarkan.

Selain itu, kemajuan Internet, terutama setelah alat interaksi telah dikonsolidasikan, membuatnya lebih mudah bagi ide / proyek yang baik untuk menyebar ke lebih banyak orang daripada jaringan orang-orang yang dekat dengan mereka, mengekstrapolasi batas geografis yang membatasi dari mana pembiayaan akan berasal. Apakah ada jenis crowdfunding atau apakah semua situs bekerja dengan cara yang sama?

Dorly Neto – Ada dinamika yang diikuti oleh situs crowdfunding utama: daftar permintaan dan hadiah; fakta bahwa itu semua atau tidak sama sekali (jika tidak menaikkan jumlah minimum yang diminta dalam waktu yang ditentukan, uang itu kembali ke tangan orang-orang yang berkontribusi); dan kemungkinan menjadi semua secara real time, online.

Namun, platform dimungkinkan dengan membebankan 5 hingga 15% dari komisi proyek. Sebagai diferensial, Benfeitoria adalah orang pertama yang tidak mengumpulkan komisi, selain menerima permintaan non-keuangan.

Diego Reeberg - Ada beberapa platform yang berbeda. Di Brasil, crowdfunding pada umumnya dan niche yang menonjol. Jenis pertama adalah situs yang lebih besar yang menerima beragam proyek (budaya, kewirausahaan, jurnalisme, dll.).

Biasanya, ada kurator untuk mengevaluasi proyek yang dapat memasuki situs. Kemudian, periode pendanaan, tujuan keuangan dan imbalan (produk dan layanan yang ditawarkan kepada mereka yang mendukung proyek, sesuai dengan jumlah yang dikolaborasikan) didefinisikan. Jika proyek mencapai target dalam jangka waktu yang ditentukan, itu dianggap berhasil, dan direktur menerima uang. Jika tidak, jumlahnya dikembalikan ke para pendukung.

Pada platform niche, ada contoh Queremos, produser konser yang membiayai band dan musisi melalui crowdfunding. Kami ingin mengumpulkan oleh situs jumlah yang diperlukan untuk acara terjadi. Setelah itu, tiket dijual secara normal.

Menurut jumlah tiket yang terjual, orang-orang yang membuat pertunjukan terjadi akan mendapatkan uang kembali, dan mereka mungkin akhirnya mendapatkan semua "menuntut" dan pergi ke pertunjukan secara gratis.

Di luar Brasil ada gerakan yang kuat untuk membiayai startup dengan crowdfunding, dengan pengembalian keuangan dan perusahaan bagi mereka yang berinvestasi dalam proyek. Di Croudfunding sini, di Brasil undang-undang tidak mengizinkan jenis operasi ini. Jenis proyek apa yang bisa mendapatkan crowdfunding?

Dorly Neto – Setiap proyek yang telah menetapkan tujuan penggalangan dana minimum, yang menawarkan imbalan yang baik dan yang dapat melibatkan jaringan orang yang kompatibel dengan permintaan proyek.

Diego Reeberg - Hampir setiap jenis. Ini lebih merupakan masalah mencari platform yang sesuai dengan profil proyek. Proyek mana yang paling sukses? Apa strategi terbaik untuk proyek untuk berhasil? Bisakah Anda memberikan contoh?

Dorly Neto - Tidak ada strategi standar. Setiap proyek memiliki keunikannya masing-masing. Anda harus ingat bahwa uang tidak jatuh dari langit. Bagian kampanye di situs hanyalah salah satu langkah. Anda perlu mengajari orang apa itu crowdfunding dan mengubah karyawan menjadi penginjil yang mempromosikan proyek dengan Anda.

Diego Reeberg – Tiga adalah faktor utama bagi sebuah proyek untuk bekerja (setidaknya di Catharsis): semangat direktur proyek (mendasar baginya untuk meyakinkan orang untuk berkolaborasi dengan inisiatif); perencanaan / pelaksanaan kampanye (dari persiapan video presentasi proyek hingga strategi komunikasi yang akan digunakan di jejaring sosial); jaringan (sebagian besar pendukung akan menjadi orang dekat atau jaringan orang-orang itu).

Mendanai proyek secara kolaboratif akan sangat sulit tanpa adanya jaringan yang terstruktur dengan baik untuk mempertahankan proyek. Apakah ada perawatan yang harus diambil dalam mendapatkan crowdfunding?

Dorly Neto – Ya, perawatan harus dilakukan untuk mengetahui apakah ada kemampuan untuk memberikan semua hadiah dan jika, dengan permintaan minimum, bahkan mungkin untuk melaksanakan proyek.

Diego Reeberg – Saya pikir itu mengurus, setelah mendanai proyek, dengan semua yang mendukungnya. Berurusan dengan kelompok orang-orang yang percaya pada inisiatif ke titik memasukkan uang ke dalamnya sangat penting bagi direktur untuk membangun komunitas di sekitar apa yang dia usulkan.

Perawatan dasar lainnya adalah tidak melakukan spam selama kampanye, yang membahayakan lebih dari manfaatnya.

Dan akhirnya, Anda tidak dapat berpikir bahwa karena proyek ini ada di platform, orang akan datang entah dari mana untuk mendukungnya. Menangkap melalui crowdfunding membutuhkan banyak pekerjaan dan membutuhkan kemauan dan perhatian sehari-hari dengan kampanye untuk itu bekerja. Bisakah jenis crowdfunding ini tidak pantas untuk kasus apa pun? Dalam kasus apa akan lebih baik untuk menggunakan bank, investor malaikat atau modal ventura?

ADS