Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Apa yang dimaksud dengan crowdfunding?

Crowdfunding adalah suatu cara untuk mengumpulkan dana dari banyak orang atau "crowd" melalui internet dengan tujuan untuk mendana...



Crowdfunding adalah suatu cara untuk mengumpulkan dana dari banyak orang atau "crowd" melalui internet dengan tujuan untuk mendanai proyek, produk, atau bisnis yang sedang dikembangkan. Crowdfunding bisa dilakukan dengan berbagai model, di antaranya:

1. Rewards-based crowdfunding

Model ini adalah model yang paling banyak digunakan. Pembuat proyek atau produk menawarkan imbalan kepada pemberi dana, seperti produk yang akan dibuat atau kredit di dalam proyek, sebagai balasan atas dana yang diberikan. Rewards-based crowdfunding adalah model crowdfunding yang paling banyak digunakan. Model ini menawarkan imbalan kepada pemberi dana dalam bentuk produk yang akan dibuat atau kredit di dalam proyek sebagai balasan atas dana yang diberikan.

Cara kerja rewards-based crowdfunding adalah sebagai berikut: Pembuat proyek atau produk menyiapkan laman crowdfunding di internet yang menjelaskan proyek atau produk yang akan dibuat, serta menjelaskan imbalan yang akan diberikan kepada pemberi dana. Pembuat proyek atau produk menyebarkan informasi tentang proyek atau produk yang akan dibuat kepada masyarakat melalui berbagai kanal, seperti sosial media, forum online, dan lain-lain. 

Orang-orang yang tertarik dengan proyek atau produk yang akan dibuat dapat memberikan dana melalui laman crowdfunding yang telah disiapkan. Setelah proyek atau produk selesai dibuat, pembuat proyek atau produk akan mengirimkan imbalan kepada pemberi dana sesuai dengan yang telah disepakati.

Rewards-based crowdfunding bisa menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan dana dari banyak orang, terutama jika proyek atau produk yang akan dibuat memiliki ide yang inovatif atau menarik bagi masyarakat. Namun, rewards-based crowdfunding juga memiliki risiko bahwa proyek atau produk yang dijanjikan tidak terwujud atau tidak sesuai dengan yang diharapkan pemberi dana. Oleh karena itu, pembuat proyek atau produk harus bisa menjaga kepercayaan pemberi dana dengan memberikan imbalan yang sesuai dengan yang dijanjikan.

2. Equity-based crowdfunding

Model ini mirip dengan model penjualan saham. Pemberi dana akan mendapatkan kepemilikan saham di proyek atau bisnis yang didanai, sebagai balasan atas dana yang diberikan. Equity-based crowdfunding adalah model crowdfunding yang mirip dengan model penjualan saham. Pemberi dana akan mendapatkan kepemilikan saham di proyek atau bisnis yang didanai, sebagai balasan atas dana yang diberikan.

Cara kerja equity-based crowdfunding adalah sebagai berikut: Pembuat proyek atau bisnis menyiapkan laman crowdfunding di internet yang menjelaskan proyek atau bisnis yang akan didanai, serta menjelaskan kepemilikan saham yang akan diberikan kepada pemberi dana. Pembuat proyek atau bisnis menyebarkan informasi tentang proyek atau bisnis yang akan didanai kepada masyarakat melalui berbagai kanal, seperti sosial media, forum online, dan lain-lain. Orang-orang yang tertarik dengan proyek atau bisnis yang akan didanai dapat memberikan dana melalui laman crowdfunding yang telah disiapkan.

Setelah proyek atau bisnis didanai, pemberi dana akan mendapatkan kepemilikan saham sesuai dengan yang telah disepakati. Equity-based crowdfunding bisa menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan dana dari banyak orang, terutama jika proyek atau bisnis yang akan didanai memiliki prospek keuntungan yang bagus. Namun, equity-based crowdfunding juga memiliki risiko bahwa proyek atau bisnis yang didanai.

3. Debt-based crowdfunding

Model ini mirip dengan model pinjaman. Pemberi dana akan mendapatkan bunga atas dana yang diberikan kepada proyek atau bisnis yang didanai. Debt-based crowdfunding adalah model crowdfunding yang mirip dengan model pinjaman. Pemberi dana akan mendapatkan bunga atas dana yang diberikan kepada proyek atau bisnis yang didanai.

Cara kerja debt-based crowdfunding adalah sebagai berikut: Pembuat proyek atau bisnis menyiapkan laman crowdfunding di internet yang menjelaskan proyek atau bisnis yang akan didanai, serta menjelaskan bunga yang akan diberikan kepada pemberi dana. Pembuat proyek atau bisnis menyebarkan informasi tentang proyek atau bisnis yang akan didanai kepada masyarakat melalui berbagai kanal, seperti sosial media, forum online, dan lain-lain.

Orang-orang yang tertarik dengan proyek atau bisnis yang akan didanai dapat memberikan dana melalui laman crowdfunding yang telah disiapkan. Setelah proyek atau bisnis didanai, pemberi dana akan mendapatkan bunga sesuai dengan yang telah disepakati. Debt-based crowdfunding bisa menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan dana dari banyak orang, terutama jika proyek atau bisnis yang akan didanai memiliki prospek keuntungan.

Crowdfunding bisa menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan dana dari banyak orang, terutama jika proyek atau bisnis yang akan didanai memiliki ide yang inovatif atau menarik bagi masyarakat. Namun, crowdfunding juga memiliki risiko.

Penulis: Deni Adha Akbari | Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

ADS