Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Crowdfunding - Economipedia

Crowdfunding atau crowdfunding adalah bentuk pembiayaan yang terdiri dari menggunakan modal banyak Croudfunding individu melalui kontribusi...



Crowdfunding atau crowdfunding adalah bentuk pembiayaan yang terdiri dari menggunakan modal banyak Croudfunding individu melalui kontribusi kecil.

Crowdfunding membantu usaha kecil mendapatkan pembiayaan di luar apa yang dapat disediakan oleh bank, teman, dan keluarga. Ini digunakan sebagai sumber pendanaan untuk proyek yang sangat beragam, dari kampanye politik atau bisnis hingga proyek musik atau artistik (mendapatkan uang untuk syuting film atau celana pendek).

Hal ini biasanya digunakan untuk membiayai proyek-proyek baru. Platform crowdfunding memungkinkan orang di mana saja di dunia untuk menawarkan uang kepada orang atau perusahaan.Asal usul crowdfunding

Meskipun ini adalah fenomena yang relatif baru, crowdfunding telah berkembang sejak akhir abad kedua puluh untuk mencapai tingkat yang kita kenal.

Asal usul crowdfunding modern berasal dari tahun 1997. Pada tahun itu, sebuah marching band mengumpulkan uang melalui rute ini untuk membiayai tur mereka. Dari itu, platform crowdfunding pertama dalam sejarah internet dikembangkan.

ArtistShare lahir pada tahun 2000 dengan gagasan bahwa itu adalah penggemar para seniman yang membiayai kreasi baru mereka. Begitulah keberhasilannya sehingga Bloomberg News mempromosikan pekerjaannya yang baik dan memuji model bisnisnya.

Namun, itu tidak akan sampai 2006 sampai istilah crowdfunding diciptakan oleh Michael Sullivan. Selanjutnya, momentum jenis pembiayaan ini tumbuh secara progresif dan pada tahun 2008 platform crowdfunfing baru didirikan: Indiegogo. Dan hanya setahun kemudian Kickstarters lahir, platform lain yang didedikasikan untuk memfasilitasi pertumbuhan seniman.

Tentu saja, titik balik terjadi pada tahun 2012 dengan peluncuran Fundable, platform crowdfunding pertama yang didedikasikan untuk pengusaha.

Sejak itu, pasar belum berhenti tumbuh dan ukurannya sudah melebihi 15.000 juta dolar.Bagaimana cara kerja crowdfunding?

Jaringan pembiayaan ini biasanya online, memungkinkan untuk menjangkau sejumlah besar orang, yang melalui sumbangan ekonomi berhasil membiayai sebuah proyek. Dalam beberapa kasus, orang-orang yang menyumbangkan uang mereka melakukannya tanpa pamrih, hanya untuk kepuasan membantu seseorang dalam pencapaian sebuah proyek. Namun, dalam kasus lain, pelanggan dapat menuntut hadiah tertentu, seperti penyebutan digital, menjadi yang pertama menikmati layanan yang ditawarkan atau mendapatkan produk yang dipersonalisasi, antara lain. Dalam jenis crowdfunding pertama ini (dengan sumbangan atau hadiah) uang yang disumbangkan tidak dipulihkan.

Namun, ada kelompok kedua di mana modal yang disumbangkan adalah investasi, baik melalui penerimaan persentase perusahaan melalui saham perusahaan yang dibuat (equity crowdfunding), dengan pengumpulan dividen yang sesuai. Uang yang dibawa oleh investor akan menjadi bagian dari modal saham perusahaan. Kelompok lain di mana modal berkontribusi dipulihkan, adalah melalui pelunasan pinjaman dengan bunga (crowdlending), di mana investor bertindak sebagai pemberi pinjaman, dalam hal ini perusahaan akan memasukkan uang dari crowdlending dalam kewajibannya. Di bawah ini kita akan melihat semua jenis crowdfunding.

Crowdfunding memungkinkan start-up dan pengembangan bisnis berkat investasi yang relatif kecil yang disumbangkan oleh sejumlah besar orang, ketika sulit untuk mengakses bentuk pembiayaan lain atau memiliki biaya yang sangat tinggi.

Idenya adalah bahwa, dihadapkan dengan kesulitan mendapatkan pinjaman bank yang memungkinkan inisiatif untuk diluncurkan, semakin banyak pengusaha menggunakan cara pembiayaan menggunakan Internet untuk mengatur dan berhubungan dengan orang-orang yang bersedia mendukung mereka secara finansial. Meskipun benar bahwa juga dikenal sebagai crowdfunding yang ada sebelumnya, era digital telah menetapkan dasar-dasar keberhasilannya, memfasilitasi penciptaan dan penggandaan platform crowdfunding.Fase dalam proyek crowdfunding

Fase utama dalam sebagian besar bentuk crowdfunding adalah sebagai berikut:Pengusaha mengirimkan proyeknya: Proyek atau ide dikirim ke platform dan dipilih sebagai kandidat untuk pembiayaan.Penilaian proyek: Platform menghargai proyek dan kemungkinan jenis crowdfunding.Publikasi: Proyek ini diterbitkan pada platform di mana periode waktu yang tersisa di mana orang dapat berinvestasi di dalamnya, melalui berbagai jenis crowdfunding didefinisikan untuk proyek.Penutupan proyek: Ini adalah saat di mana jangka waktu yang ditetapkan berakhir, proyek ditutup dan pembiayaan yang diperoleh diverifikasi.Jenis crowdfunding

Ada lima sistem crowdfunding utama berdasarkan hadiah yang didapat peserta saat berpartisipasi dalam proyek:Dalam bentuk saham atau partisipasi perusahaan: Peserta menjadi mitra perusahaan.Tidak ada hadiah: Ini hanyalah sumbangan, kontribusi dari mana manfaat tidak diharapkan sebagai imbalannya.Pinjaman atau crowdlending: Peserta mendapat tingkat bunga atas uang yang dipinjam, bertindak seolah-olah dia adalah pemberi pinjaman.Royalti: Bagian simbolis dari keuntungan diperoleh.Hadiah: Jenis lain dari hadiah yang disepakati diperoleh, seperti hadiah, barang atau jasa proyek.Platform crowdfunding

Di seluruh dunia, ada banyak platform crowdfunding. Namun, kita harus memberikan perhatian khusus pada aspek-aspek berikut:Platform resmi: Karena ada banyak penipuan online dengan jenis platform ini, kita harus memastikan bahwa platform tersebut diberi wewenang oleh badan pengatur. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan uang kita dengan aman.Ketahui undang-undang yang mengatur crowdfunding di setiap wilayah geografis: Undang-undang berubah di setiap negara, sehingga tidak jarang menemukan perlakuan hukum yang berbeda di berbagai negara.Perpajakan: Pengawasan lembaga pajak sangat penting, jadi kita harus memperhatikan perpajakan jenis pembiayaan ini terhadap manfaat yang kita peroleh sebagai investor dari jenis proyek ini.Platform crowdfunding dalam bahasa Spanyol

Beberapa platform crowdfunding yang paling menonjol dan populer di Spanyol adalah sebagai berikut:Verkami.GoFundMe.Bekerja sama.Lemparkan kami.Migranodearena.orgUlule.Menetes.Donasi diperlukan.iHelp.Kukumiku.Kelebihan dan kekurangan crowdfunding

Seperti semuanya, crowdfunding memiliki kelebihan dan kekurangannya. Di antara keuntungan utama, berikut menonjol:Akses pembiayaan yang lebih mudah oleh pengusaha.Kesempatan untuk memvalidasi model bisnis dengan sumber daya yang lebih sedikit dan dengan cara yang cepat.Kemungkinan untuk mendapatkan pengikut setia pada proyek dari awal.Kontrol atas proyek itu sendiri.Kesempatan untuk menawarkan proyek yang berkaitan dengan topik yang berbeda.Dari sudut pandang investor, kesempatan untuk berinvestasi dalam proyek dengan pertumbuhan besar.Anda dapat berinvestasi dalam proyek crowdfunding dari uang yang sangat sedikit.Kesepakatan yang lebih dekat antara investor dan pengusaha.

Sebaliknya, kerugian utamanya adalah sebagai berikut:Tersedia di internet, ide bisnis Anda dapat disalin dan ditiru oleh orang lain.Mengingat bahwa ini adalah sektor yang berkembang dan relatif baru, masih kurangnya mekanisme untuk mencegah penipuan dan memastikan bahwa aliran modal efisien.Seperti biasa, jika tujuan kampanye tidak tercapai, akumulasi uang tidak akan diterima oleh orang yang mengusulkan proyek tersebut.

ADS