Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Crowdfunding - Wikipedia

Crowdfunding adalah praktik pendanaan proyek atau usaha dengan mengumpulkan uang dari sejumlah besar orang, di zaman modern biasanya melalui...




Crowdfunding adalah praktik pendanaan proyek atau usaha dengan mengumpulkan uang dari sejumlah besar orang, di zaman modern biasanya melalui Internet. Crowdfunding adalah bentuk crowdsourcing dan pembiayaan alternatif. Pada tahun 2015, lebih dari US $ 34 miliar di seluruh dunia oleh crowdfunding. 

Meskipun konsep serupa juga dapat dijalankan melalui langganan mail-order, acara manfaat, dan metode lainnya, istilah crowdfunding mengacu pada registri yang dimediasi Internet. [4] Model crowdfunding modern ini umumnya didasarkan pada tiga jenis aktor - inisiator proyek yang mengusulkan ide atau proyek untuk didanai, individu atau kelompok yang mendukung gagasan tersebut, dan organisasi moderat ("platform") yang menyatukan para pihak untuk meluncurkan ide tersebut.

Crowdfunding telah digunakan untuk mendanai berbagai usaha kewirausahaan nirlaba seperti proyek artistik dan kreatif, biaya pengobatan, perjalanan, dan proyek kewirausahaan sosial yang berorientasi pada masyarakat. Meskipun crowdfunding telah disarankan untuk sangat terkait dengan keberlanjutan, validasi empiris telah menunjukkan bahwa keberlanjutan hanya memainkan peran fraksional dalam crowdfunding. Penggunaannya juga telah dikritik karena mendanai perdukunan, terutama perawatan kanker yang mahal dan curang. 

Sejarah

Crowdfunding memiliki sejarah panjang dengan beberapa akar. Buku-buku telah crowdfunded selama berabad-abad; penulis dan penerbit akan mengiklankan proyek buku dalam skema praenumerasi atau berlangganan. Buku ini akan ditulis dan diterbitkan jika cukup banyak pelanggan mengisyaratkan kesiapan mereka untuk membeli buku setelah keluar. Model bisnis berlangganan tidak benar-benar crowdfunding, karena aliran uang yang sebenarnya hanya dimulai dengan kedatangan produk. Daftar pelanggan memiliki, meskipun, kekuatan untuk menciptakan kepercayaan yang diperlukan di kalangan investor yang diperlukan untuk mengambil risiko publikasi. 

Ikatan perang secara teoritis merupakan bentuk konflik militer crowdfunding. Komunitas dagang London menyelamatkan Bank of England pada 1730-an ketika pelanggan menuntut pound mereka untuk dikonversi menjadi emas - mereka mendukung mata uang sampai kepercayaan pada pound dipulihkan, sehingga crowdfunded uang mereka sendiri. Kasus crowdfunding modern yang lebih jelas adalah skema Auguste Comte untuk mengeluarkan catatan untuk dukungan publik atas pekerjaannya lebih lanjut sebagai seorang filsuf. "Première Circulaire Annuelle adressée par l'auteur du Système de Philosophie Positive" diterbitkan pada tanggal 14 Maret 1850, dan beberapa catatan ini, kosong dan dengan jumlah telah bertahan. [15] Gerakan koperasi abad ke-19 dan ke-20 adalah Croudfunding prekursor yang lebih luas. Ini menghasilkan kelompok kolektif, seperti komunitas atau kelompok berbasis minat, mengumpulkan dana berlangganan untuk mengembangkan konsep baru, produk, dan sarana distribusi dan produksi, terutama di daerah pedesaan Eropa Barat dan Amerika Utara. Pada tahun 1885, ketika sumber-sumber pemerintah gagal menyediakan dana untuk membangun basis monumental untuk Patung Liberty, sebuah kampanye yang dipimpin surat kabar menarik sumbangan kecil dari 160.000 donor. 

Crowdfunding di internet pertama kali mendapatkan penggunaan populer dan mainstream di komunitas seni dan musik. Contoh penting pertama dari crowdfunding online di industri musik adalah pada tahun 1997, ketika penggemar band rock Inggris Marillion mengumpulkan sumbangan SEBESAR US $ 60.000 melalui kampanye Internet untuk menanggung seluruh tur AS. Band ini kemudian menggunakan metode ini untuk mendanai album studio mereka.  Ini dibangun di atas keberhasilan crowdfunding melalui majalah, seperti kampanye 1992 oleh Vegan Society yang crowdfunded produksi film dokumenter video Truth or Dairy . Di industri film, penulis/sutradara independen Mark Tapio Kines merancang sebuah situs web pada tahun 1997 untuk film fitur pertamanya yang belum selesai , Foreign Correspondents. Pada awal 1999, ia telah mengumpulkan lebih dari US $ 125.000 di Internet dari setidaknya 25 penggemar, memberinya dana untuk menyelesaikan filmnya.  Pada tahun 2002, kampanye "Free Blender" adalah prekursor crowdfunding perangkat lunak awal. Kampanye ini bertujuan untuk sumber terbuka perangkat lunak grafis komputer Blender 3D dengan mengumpulkan € 100.000 dari masyarakat, sambil menawarkan manfaat tambahan untuk menyumbangkan anggota. 

Perusahaan pertama yang terlibat dalam model bisnis ini adalah situs web AS ArtistShare (2001). Ketika model matang, lebih banyak situs crowdfunding mulai muncul di web seperti Kiva (2005), The Point (2008, pendahulu Groupon), IndieGoGo (2008), Kickstarter (2009), GoFundMe (2010), Microventures (2010), dan YouCaring (2011).

Fenomena crowdfunding lebih tua dari istilah "crowdfunding". Menurut wordspy.com, penggunaan kata yang tercatat paling awal adalah pada bulan Agustus 2006.  Crowdfunding adalah bagian dari crowdsourcing, yang merupakan fenomena yang jauh lebih luas itu sendiri. Tipe[edit]

Laporan Crowdfunding Centre Mei 2014 mengidentifikasi dua jenis crowdfunding utama:Hadiah crowdfunding: Pengusaha pra-menjual produk atau layanan untuk meluncurkan konsep bisnis tanpa menimbulkan utang atau mengorbankan ekuitas / saham.Equity crowdfunding: Pendukung menerima saham perusahaan, biasanya pada tahap awal, dengan imbalan uang yang dijanjikan. Berbasis hadiah

Crowdfunding berbasis hadiah telah digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk perekaman album dan promosi film, pengembangan perangkat lunak bebas, pengembangan penemuan, penelitian ilmiah, dan proyek sipil. 

Banyak karakteristik crowdfunding berbasis hadiah, juga disebut crowdfunding non-ekuitas, telah diidentifikasi oleh studi penelitian. Dalam crowdfunding berbasis hadiah, pendanaan tidak bergantung pada lokasi. Jarak antara pencipta dan investor di Sellaband adalah sekitar 3.000 mil ketika platform memperkenalkan pembagian royalti. Pendanaan untuk proyek-proyek ini didistribusikan secara tidak merata, dengan beberapa proyek menyumbang sebagian besar dana keseluruhan. Selain itu, pendanaan meningkat ketika sebuah proyek mendekati tujuannya, mendorong apa yang disebut "perilaku penggembalaan". Penelitian juga menunjukkan bahwa teman dan keluarga menyumbang sebagian besar, atau bahkan mayoritas, dari penggalangan dana awal. Modal ini dapat mendorong penyandang dana berikutnya untuk berinvestasi dalam proyek. Sementara pendanaan tidak tergantung pada lokasi, pengamatan menunjukkan bahwa pendanaan sebagian besar terkait dengan lokasi opsi pembiayaan tradisional. Dalam crowdfunding berbasis hadiah, penyandang dana sering terlalu berharap tentang pengembalian proyek dan harus merevisi harapan ketika pengembalian tidak terpenuhi. 

 Ekuitas

Equity crowdfunding adalah upaya kolektif individu untuk mendukung upaya yang diprakarsai oleh orang atau organisasi lain melalui penyediaan keuangan dalam bentuk ekuitas. Di Amerika Serikat, undang-undang yang disebutkan dalam Undang-Undang JOBS 2012 akan memungkinkan kumpulan investor kecil yang lebih luas dengan pembatasan yang lebih sedikit setelah penerapan undang-undang tersebut. Tidak seperti crowdfunding non-ekuitas, crowdfunding ekuitas mengandung "asimetri informasi" yang meningkat. Pencipta tidak hanya harus menghasilkan produk yang mereka tingkatkan modalnya, tetapi juga menciptakan ekuitas melalui pembangunan perusahaan. Crowdfunding ekuitas, tidak seperti donasi dan crowdfunding berbasis hadiah, melibatkan penawaran sekuritas yang mencakup potensi pengembalian investasi. Sindikat, yang melibatkan banyak investor mengikuti strategi investor utama tunggal, dapat efektif dalam mengurangi asimetri informasi dan dalam menghindari hasil kegagalan pasar yang terkait dengan crowdfunding ekuitas. 

Keamanan digital

Jenis crowdfunding lainnya adalah mengumpulkan dana untuk proyek di mana keamanan digital ditawarkan sebagai hadiah kepada penyandang dana yang dikenal sebagai penawaran koin awal (disingkat ICO). Token nilai diciptakan secara endogen oleh jaringan terdesentralisasi terbuka tertentu yang digunakan untuk memberi insentif pada komputer klien jaringan untuk mengeluarkan sumber daya komputer yang langka untuk memelihara jaringan protokol. Token nilai ini mungkin atau mungkin tidak ada pada saat crowdsale, dan mungkin memerlukan upaya pengembangan yang substansial dan rilis perangkat lunak akhirnya sebelum token hidup dan menetapkan nilai pasar. Meskipun dana dapat dikumpulkan hanya untuk token nilai itu sendiri, dana yang dikumpulkan pada crowdfunding berbasis blockchain juga dapat mewakili ekuitas, obligasi, atau bahkan "kursi tata kelola pembuat pasar" untuk entitas yang didanai. Contoh crowdsales tersebut adalah perangkat lunak pasar prediksi augur terdesentralisasi dan terdistribusi yang mengumpulkan US $ 4 juta dari lebih dari 3500 peserta; Blockchain Ethereum; dan "Organisasi Otonomi Terdesentralisasi". 


ADS